Finishing Sirkuit Motorcross Dikebut

 





KALIANDA – Penyelesaian pembangunan sirkuit motorcross ditarget rampung sebelum perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lampung Selatan ke-66.

Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto bahkan beberapa kali meninjau langsung pembangunan trek kuda besi itu. Lahan 5,3 hektar dengan panjang lintasan 1,4 kilometer dilengkapi Gunung Rajabasa, bentangan pantai lengkap dengan pesona Kota Kalianda digadang-gadang bakal menjadi daya tarik bagi para rider.

Nanang Ermanto mengatakan, p sepanjang lintasan sirkuit motocross akan ditanami pepohonan, sehingga bisa memberikan efek sejuk dan mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh tanah yang bertebaran akibat motor yang melintas pada pertandingan.

“Dipinggir-pinggir sirkuit ini harus ditanam pepohonan, agar tidak terlihat gersang serta memberikan efek yang sejuk. Ditanamnya mulai dari sekarang agar nanti dibulan November sudah besar,” ujar Nanang disela-sela peninjauan, Senin (8/8).

Dirinya juga mengungkapkan, penanaman pohon ini juga harus disertai dengan perawatan setiap harinya, seperti dilakukan penyiraman di setiap malam hari saat tanah sudah mulai menghilangkan efek panas.

“Tapi tidak hanya disiram, harus dipupuk diberikan nutrisi agar pohon yang ditanam juga dapat tumbuh subur. Pokoknya setiap hari harus disiram diperhatikan jangan sampai ada yang mati,” ujarnya kepada salah satu petugas Damkar yang sedang bertugas dilokasi.

Kemudian, sirkuit yang direncanakan rampung dalam 2 Minggu kedepan ini, kata Nanang, akan melewati masa uji coba lintasan motocross yang dibalut dalam gelaran acara kejuaraan motocross tingkat lokal.

“Sebelum event resmi motocross dimulai, nanti akan kita lakukan exibisi, kejuaraan tingkat lokal. Kita kan banyak tim-tim motocross di berbagai Kecamatan di Lampung Selatan. Saya yakin, lokasi ini akan menjadi tempat para pembalap motocross berkumpul, sebagai awal dari ajang tingkat nasional,” tuturnya.

Nanang berharap, dengan dibangunnya sirkuit ini dapat menarik event-event tingkat nasional agar bisa diselenggarakan di Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga, nantinya dapat berdampak pada kemajuan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Harapannya dengan adanya lintasan sirkuit motocross berskala nasional ini, event-event tingkat nasional bisa dilaksanakan disini, sehingga perekonomian masyarakat juga ikut meningkat,” tuturnya lebih lanjut.

Sementara itu, Desain sirkuit motocross dan roadrace Dedi Rizal mengatakan, saat ini progres pembangunan lintasan sudah selesai dan sedang dilakukan pembangunan rintangan, seperti superboll dan double jump.

“Untuk rintangan Superboll dan Double Jump sedang dibangun, diperkirakan besok selesai dan bisa digunakan. Nanti juga akan ditanami pepohonan sesuai arahan dari Bupati Lampung Selatan,” pungkasnya. (rls)