Diklat Paskibraka Lamsel Dimulai Pekan Ini

 



 

          KALIANDA – 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lampung Selatan, bakal menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan (diklat) mulai 10 Agustus 2022, mendatang. Hal ini tergambar dalam rapat persiapan yang digelar di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamsel, Rabu (3/8) kemarin.

          Kepala Dispora Lamsel, Ariswandi, SH, MH yang memimpin rapat tersebut menerangkan, karantina pemusatan diklat bakal dipusatkan di Wisma Atlet dan Stadion Jati Kalianda. Mereka, akan menjalani pelatihan hingga 18 Agustus 2022, mendatang.

          “Jadi, mereka sebelum mengibarkan bendera sudah di karantina. Selama karantina mereka menjalani pemusatan pelatihan soal apa yang menjadi tugas mereka nanti,” ungkap Ariswandi usai rapat.

          Dia menjelaskan, 30 orang Paskibraka Lamsel itu terdiri dari masing-masing 15 putra dan putri. Mereka, telah menjalani seleksi yang digelar pada Bulan April 2022 lalu.

          “Ada dua orang cadangan dari jumlah itu. Cadangan itu nanti untuk menggantikan pasukan inti apabila ada yang berhalangan karena sakit. Paskibraka kita tahun ini bisa dikatakan sebarannya merata dari siswa SMA sederajat di kabupaten ini,” jelasnya.

          Dia berharap, anggota Paskibraka Lamsel bisa menjalankan tugasnya sebagai pengibar bendera pusaka pada HUT RI ke 77 ini. Serta, tidak mengalami kendala atau halangan selama menjalani persiapan dan pemusatan diklat.

          “Dalam hal ini kita melibatkan pelatih dari TNI, Polri serta PPI Lamsel. Mudah-mudahan semua persiapannya berjalan sesuai dengan apa yang sudah kita harapkan. Mereka bisa sempurna menjalankan tugasnya dengan baik,” harapnya.

          Dalam kesempatan itu, Ariswandi menambahkan, jika pada tahun ini terdapat satu orang Paskibraka Lamsel yang lolos seleksi menjadi Paskibraka Nasional. “Selain itu, ada juga 3 orang siswa yang menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi,” pungkasnya.

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menghitung hari. Persiapan matang wajib dilakukan supaya upacara yang jatuh pada 17 Agustus 2022 bisa terlaksana dengan baik. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan perlahan berbenah sedikit demi sedikit dalam rangka mempersiapkan upacara.

Menurut jadwal, upacara 17 Agustus bakal dilaksanakan di Stadion Jati Kalianda. Namun pada Selasa (2/8/2022), Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lampung Selatan, Joni Irsal, S.Sos mengajak jajarannya mengecek sarana dan prasarana di stadion yang memiliki lintasan lari itu. Joni di sana ingin mengecek sarana dan prasarana di dalam stadion.

"Tadi keliling sembari ngecek lapangan, cek kamar mandi, sama cek tiang bendera dan talinya," ujarnya kepada Radar Lamsel.

Mantan Camat Jatiagung ini mengatakan sarana yang dimiliki Stadion Jati sudah lumayan bagus. Jadi pihaknya tinggal mempersiapkan fasilitas tambahan. Seperti podium untuk inspektur upacara, tangga untuk petugas pengibar bendera (Paskibra) atau pembawa baki, dan yang lain-lainnya.

"Ini instruksi dari Bapak Kadispora yang menindalanjuti hasil rapat persiapan upacara HUT kemerdekaan RI," katanya.

Dispora sendiri akan melakukan pengecekan secara rutin di Stadion Jati. Lokasi itu sangat penting karena menjadi venue upacara yang sangat emosional. Bila persiapan yang dilakukan kurang matang, tentu saja upacara di hari istimewa Ibu Pertiwi tidak bakal berjalan lancar dengan semestinya.  (rls)