6 Desa Masuk Nominasi ADWI 2022

 


 

KALIANDA - Sebanyak 6 desa wisata di Lampung Selatan masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

 

Secara keseluruhan di Provinsi Lampung terdapat 66 desa wisata yang masuk nominasi tersebut yakni; Lampung Utara sebanyak 19 desa wisata; Pesawaran 12 desa wisata; Lampung Barat sebanyak 8 desa wisata; Waykanan 7 desa wisata; Lampung Selatan 6 desa wisata; Bandarlampung 2 desa wisata; Lampung Timur 5 desa wisata; Tanggamus 4 desa wisata; Pringsewu, Pesisir Barat dan Lampung Tengah masing-masing 1 desa wisata.

 

Ulida Rebecca, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung mengatakan ADWI merupakan lomba Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf. Di mana, desa wisata mendaftarkan diri langsung dan diverifikasi oleh Pemda kabupaten/kota.

 

"Tahun ini sebanyak 66 desa yang mendaftar. Selanjutnya ini proses seleksi dari Kemenparekraf," beber Uli -sapaan akrab Ulida Rebecca- Selasa (5/4).

 

Dia mengatakan setiap desa pasti memiliki keunggulan masing-masing, untuk penilaian akan dinilai berdasarkan 7 kategori. Pertama terkait daya tarik pengunjung, kedua penilaian homestay, ke tiga penilaian souvenir terkait dengan kesiapan daerah memiliki souvenir dengan unsur kreativitas dan kearifan lokal.

 

Ke empat memiliki digital dan kreatif, ke lima toilet umum yang terkait pada aspek penilaian desa mampu mewujudkan fasilitas toilet yang memadai meskipun di tempat umum. ke enam, penerapan CHSE sebagai standar prosedur penilaian kesehatan dan lingkungan serta ke tujuh kelembagaan desa wisata.

 

Selanjutnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung bakal terus memberikan pendampingan kepada seluruh desa yang telah terdaftar.

 

"Tentu Pemprov Lampung dibawah Pak Gubernur Lampung, Bapak Arinal Djunaidi akan terus mendampingi. Kami juga ada grup pendamingan yang berisi seluruh desa, PIC dari Dispar Kabupaten/kota dan provinsi. Dan seperti tahun lalu, kita berusaha akan muncul beberapa desa yang masuk 50 besar ADWI yang akan dikunjungi oleh Menteri Parekraf. Syukur jika seperti tahun lalu akan ada juga juara dari Prov Lampung seperti Kmpung Kopi Rigis Jaya. Karena kami berharap semua desa yang sudah mendaftar memiliki kesempatan yang sama, tinggal melengkapi dan menyempurnakan hal-hal yang akan menjadi penilaian dewan juri," tandasnya. (red)