Bupati Nanang Lantik Kades Terpilih

 


Moral.co.id - Kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak tak butuh waktu lama. Tak sampai satu bulan pasca Pilkades, 83 kades langsung dilantik oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Aula Sebuku, Selasa (9/11/2021).

Seperti biasa, Nanang Ermanto selalu berkelakar dengan joke khas nya. Bahwa Kades yang telah dilantik sudah ‘sah’ untuk menandatangani sporadik tanah.

“ Tadi saya ngobrol dengan Ketua DPRD Lamsel, dia bilang sudah sah tandatangan sporadik. Lalu Kapolres bilang hati-hati dan Kejari juga mengingatkan,” ucap Nanang mencairkan suasana pelantikan Kades gelombang pertama.

Kendati mukadimahnya yang diiringi gelak tawa oleh para kades, namun pesan mendalam tetap disampaikan oleh orang nomor satu di Lampung Selatan ini.

Nanang meminta kades terpilih tak lagi merawat dendam. Dia ingin dendam-dendam dalam kontestasi Pilkades yang sudah lewat segeda dipupus hari itu juga.

“ Saya minta dengan para kades untuk menghilangkan rasa dendam. Tidak ada lagi kubu A, B, C. Yang ada semua bersatu membangun desa demi kemajuan masyarakatnya. Itu pesan saya,” kata Politisi PDI Perjuangan Lamsel ini.

Selain memberi pesan singkat dan tepat. Nanang juga mengingatkan para kades untuk satu visi membangun Lampung Selatan. Sebab kemajuan Lampung Selatan juga tak lepas dari peranan kades yang tersebar di desa-desa.

“ Selamat. Kades terpilih sudah dilantik, amanah rakyat dijaga dengan baik. Mari kita bangun Lampung Selatan bersama-sama,” ucapnya.

Pelantikan Kades gelombang pertama ini juga bersamaan dengan pelantikan Ketua PKK desa. Baik Kades maupun Ketua PKK desa sama-sama diingatkan untuk mengemban dan menjalankan program desa dengan sebaik-baiknya.

Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni mengatakan keberadaan PKK desa kini makin signifikan pengaruhnya. Sehingga program-program pusat, provinsi maupun program daerah dapat diimplementasikan sampai ke desa-desa.

“ Ada banyak program menanti ketua PKK desa. Saya minta semua program dilaksanakan dengan baik untuk kemajuan desa, gerakkan desa lewat program-program PKK,” begitu pesan Winarni lugas.

Winarni tampak santai menyapa kades dan ketua PKK yang baru dilantik tersebut. Dibalik sikap santainya itu isteri Bupati Lamsel ini terdengar tak main-main dalam mencapai target memajukan Lamsel lewat program PKK.

Apalagi dalam waktu dekat, Tim Bappenas bakal melakukan kunjungan ke Lampung Selatan. Menurutnya Lampung Selatan jadi salah satu dari sejumlah kabupaten yang dikunjungi Bappenas. Tak hanya itu Winarni mengungkap program swasembada gizi yang diinisiasi oleh TP PKK Lamsel berpotensi jadi percotohan dan sudah termaktub dalam kesekretariatan presiden.

“ Dalam waktu dekat Tim Bappenas akan turun ke Lamsel. Mudah-mudahan penilaiannya bagus dan kalau sudah begitu maka keuntungan bagi Lampung Selatan. Sebab tak banyak kabupaten yang berpeluang, namun Lamsel punya peluang tersebut untuk jadi yang diperhitungkan dalam hal penanganan stunting,” kata dia.

Karenanya, Winarni berharap peran Ketua PKK desa kelak dapat berjalan beriringan. Sehingga program pusat dapat mengucur ke Kabupaten berjuluk Bumi Khagom Mufakat ini.

“ Mudah-mudahan itu terlaksana dan Lampung Selatan dapat berbicara banyak dari program pusat yang bakal dikucurkan kelak. Ini jadi penyemangat kita,” tutupnya seraya mengingatkan agar Ketua PKK desa tak menyepelekan prokes didesanya.(red)